ANALISIS LAPORAN KEUANGAN DALAM MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. EVERBRIGHT KABUPATEN ACEH BESAR

Zuraidah Zuraidah, Riski Aulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan dari PT. Everbright dari periode 2016 sampai dengan 2020 menggunakan analisis rasio keuangan. Metode analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif menggunakan pengukuran rasio likuiditas, solvabilitas, aktivitas dan profitabilitas. Berdasarkan hasil penelitian rasio pada tahun 2016-2020 pada bagian Current Ratio dan Quick Ratio berada di atas standar industri, rasio tersebut cukup baik dari sudut pandang likuiditas, yang di tandai dengan meningkatnya kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajiban jangka pendeknya. Sedangkan pada Cash Ratio berada di bawah standar industri yang telah di tetapkan, hal ini disebabkan karena perusahaan belum mampu memenuhi kewajiban lancarnya. Berdasarkan analisis rasio solvabilitas pada tahun 2016-2020 kurang baik karena mengalami penurunan kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajiban jangka panjangnya relatif rendah. Hal ini dikarenakan besarnya hutang jangka panjang yang ada dalam perusahaan, sedangkan aktiva yang dimiliki tidak mencukupi untuk membayar hutang dan biaya operasionalnya. berdasarkan analisis rasio aktivitas pada tahun 2016-2020 jika dilihat dari nilai Total Assets Turnover kinerja perusahaan dalam kondisi kurang baik dan berada di bawah standar industri. Hal ini disebabkan semakin rendah nilai kedua rasio tersebut maka menandakan bahwa semakin lambat perputaran aktiva perusahaannya. Sedangkan pada bagian Fixed Assets Turnover dapat dikatakan cukup baik karena berada di atas standar industri yang ditetapkan. Perusahaan cukup baik dalam memaksimalkan kapasitas semua aktiva tetap yang dimiliki untuk menghasilkan penjualan. Berdasarkan rasio Profitabilitas di bagian net profit margin dikatakan tidak Efisien karena berada di bawah standar industri, hal ini disebabkan oleh ketidakstabilan pasar dan penurunan dari segi penjualan. Nilai Return On Assets dapat dikatakan tidak Efisien dikarenakan angka rasio berada di bawah standar industri, hal ini karena perusahaan masih kurang optimal dalam menghasilkan laba bersih bila menggunakan pembanding dengan total set yang dimilikinya. Sedangkan nilai Return On Equity dapat dikatakan tidak Efisien dikarenakan angka rasio berada di bawah standar industri, hal ini karena perusahaan belum baik dalam menghasilkan laba bersih bila menggunakan pembanding dengan total ekuitas yang dimilikinya.


Keywords


Laporan Keuangan; Kinerja Keuangan; Rasio Keuangan

Full Text:

PDF

References


Aprilita, I., Tjandrakirana, R., dan Aspahani. 2015. Analisis Perbandingan Kinerja Keuangan Perusahaan Sebelum dan Sesudah Akuisisi (Studi Pada Perusahaan Pengakuisisi Yang Terdaftar di BEI Periode 2000-2011). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya. Vol.11 No 2.

Budiman, R. (2020). Rahasia Analisis Fundamental Saham Memahami Laporan Keuangan. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Donald E. Kieso. (2017). Intermediate Accounting. Financial Statements and Financial Reporting. Second Edition.

Erica, D. (2017). Analisa Rasio Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan PT. Semen Indonesia Tbk (Persero). Jurnal Perspektif. Vol. XV,No. 2.

Fajrin, P. H., & Laily, N. (2016). Analisis Profitabilitas dan Likuiditas terhadap Kinerja Keuangan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 2.

Fahmi, Irham. 2018. Analisis Laporan Keuangan. Bandung : Alfabeta.

Hery. 2016. Analisis Laporan Keuangan. Jakarta: Grasindo.

Hery, 2015. Analisis Kinerja Manajemen, Cetakan Pertama, Jakarta: PT Grasindo.

Juliandi, A., Irfan, & Manurung, S. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis. Nopember: UMSU PERS.

Kristanty., E. Y. 2017. Analisis Laporan Keuangan Untuk Mengukur Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Farmasi yang Go Publik. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 6 No 3. Hal 1-16.

Kasmir. (2019). Analisis Laporan Keuangan. Depok: PT Raja Grafindo Persada.

Kamaruddin. (2015). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perusahaan Manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Bisnis dan AAkuntansi, 11.

Murhadi, W. R. (2019). Analisis Laporan Keuangan Proyeksi dan Valuasi Saham. Jakarta: Salemba Empat.

Maith., H. A. 2013. Analisis Laporan Keuangan Dalam Mengukur Kinerja Keuangan Pada PT Hanjaya Mandala Sampurna TBK. Jurnal EMBA. Vol 1 No 3. Hal 619-628.

Nainggolan, I. P., & Pratiwi, M. W. (2017). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kinerja Keuangan Perusahaan. Media Ekonomi dan Manajemen, 84; 92.

Ponggoh, Marsel. 2013. Analisis Laporan Keuangan Untuk Menilai Kinerja Keuangan PT. Bumi Resources, Tbk. Jurnal EMBA.

Rubianti, N. (2013). Analisa Rasio Keuangan Untuk Menilai Kinerja Perusahaan Pada PT. Admiral Lines Cabang Tanjung pinang. 080420103359.

Sukmawati Sukamaju. 2019. Analisis Laporan Keuangan Sebagai Dasar Pengambilan Keputusan Investasi. ANDI. Yogyakarta.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : PT Alfabet.

Sujarweni V. Wiratna. 2017. Analisis Laporan Keuangan : Teori, Aplikasi, dan Hasil Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Baru Pers.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v12i1.1592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.