ANALISIS KUALITAS PELAYANAN DAN KINERJA PEGAWAI DI KANTOR BAPPEDA KABUPATEN ACEH BARAT DAYA

Nurkarijah Nurkarijah, Muzakir Muzakir

Abstract


Bappeda Kabupaten Aceh Barat Daya sebagai instansi pelayanan publik pemerintah teramati pelayanan dan kinerja pegawai belum baik. Pegawai belum disiplin, kepedulian pegawai terhadap masyarakat dan instansi lain yang rendah, dan daya penyelesaian tugas yang belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas pelayanan dan kinerja pegawai di kantor Bappeda Kabupaten Aceh Barat Daya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan jenis deskriptif kualitatif yang dilakukan di Kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Aceh Barat Daya pada Januari 2022. Subjek penelitian yaitu Pegawai berjumlah 14 orang, dan Kepala Bappeda berjumlah 1 orang sehingga jumlah sampel yaitu 15. Teknik pengumpulan data yaitu observasi dan wawancara. Instrumen penelitian berupa Lembar Pedoman Observasi dan Lembar Pedoman Wawancara. Aspek yang diukur mengenai kualitas pelayanan yaitu: kemampuan fisik (tangibles), kehandalan (reliability), daya tanggap (responsivnees), jaminan (assurance), dan kepedulian (empathy). Aspek pengukuran kinerja pegawai yaitu: kualitas kerja, kuantitas kerja, pelaksanaan tugas, dan tanggung jawab. Teknik analisis data menggunakan analisis Miles dan Haberman. Yang terdiri dari tahap: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan dan kinerja pegawai Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Aceh Barat Daya masih rendah.


Keywords


Kualitas; Pelayanan; Kinerja; Pegawai; Bappeda

Full Text:

PDF

References


Ahmad. (2016). Kinerja Pegawai Di Kantor Camat Pinembani Kabupaten Donggala. Jurnal Katalogis, 4(7), 26-35.

Hardiyansyah. (2011). Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Karlina,E., Susanto,E. (2014). Kualitas Pelayanan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pontianak. Tesis. Magister Administrasi Publik. Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik Di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas, 1(2), 81-90.

Mangkunegara, A.P. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Kerja Pegawai Negeri Sipil.

Rohayatin, T., Warsito, T., Pribadi , U., Nurmandi, A., Kumorotmo, W., & Suranto. (2017). Faktor Penyebab Belum Optimalnya Kualitas Penyelenggaraan Pelayanan Publik Dalam Birokrasi Pemerintahan. Jurnal Caraka Prabu, 1(01), 22-36.

Simangunsong, D. (2022). Analisis Kinerja Pegawai Kecamatan Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik (Study Kasus Kecamatan Nassau Kabupaten Toba). Skripsi. Prodi Ilmu Administrasi Negara Universitas HKBP Nommensen, Sumatera Utara.

Undang-undang (UU) Republik Indonesia No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Undang- Undang (UU) Republik Indonesia No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Putra, D.D., Rifdan., Umar, F. (2017). Kinerja Pegawai Dalam Pelayanan Publik di Kelurahan Mallawa Kecamatan Mallusetasi Kabupaten Barru. Jurnal Tomalebbi, 4(4), 79-91.




DOI: https://doi.org/10.37598/jimma.v12i1.1594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.