STUDENTS STRATEGIES IN UNDERSTANDING LISTENING SECTION OF PAPER-BASED TOEFL TESTS (A Study at the Fourth Semester of English Department Students of Tarbiyah Faculty of UIN Ar-Raniry)

Muhammad Kharizmi

Abstract


Penelitian ini dilakukan karena kesulitan siswa dalam menjawab soal-soal TOEFL pada bagian listening dalam tes TOEFL yang diikuti. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang digunakan mahasiswa dalam memahami bagian listening pada tes TOEFL berbasis kertas. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Tarbiyah UIN Ar-Raniry. Sampel dari penelitian ini adalah mahasiswa tahun kedua Jurusan Bahasa Inggris yang telah mengikuti tes TOEFL berbasis kertas sebanyak tiga kali. Teknik yang digunakan adalah analisa dokumen, angket, dan wawancara. Analisa dokumen dilakukan di Jurusan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah. Sedangkan angket dan wawancara langsung diberikan kepada mahasiswa. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan beberapa strategi yang dapat membantu mahasiswa dalam menangani tes bagian listening. Strateginya adalah; fokus pada alternatif jawaban ketika instruksi dan pertanyaan dibacakan, fokus pada subjek dalam alternatif jawaban, mencoba memprediksi pertanyaan yang akan ditanyakan dan mencoba menangkap ide utama percakapan.

Keywords



Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Douglas, H. Brown. (2004).Language Assessment Principles and Classroom Practices, Pearson Education, Inc.

Douglas, H. Brown. (2001). Teaching by Principle an Interactive Approach to Language Pedagogy, New York: San Francisco State.

Harmer, J. (2001). The Practice of English Language Teaching, Third edition, England: Pearson Education Press.

Hornby, A. S. (2000). Oxford Advanced Learners Dictionary of Current English, Fifth Edition. Oxford: Oxford University Press.

Mahmudi, Y. (2008). Teaching Listening by Reading Text Aloud, Thesis, Unpublished, Banda Aceh: Fakultas Tarbiyah IAIN Ar-Raniry.

Nunan, D. (2004) Language Teaching Methodology. Pretice Hall Macmiilan.

Rahman, A. (2006). Persiapan TOEFL 101. Jakarta: Kesaint Blanc.

Richard, J and Willy, A. R. (2002). Methodology in Language Teaching: An anthology of Current Practice, New York: Cambridge University Press.

Sharpe, J. P. (2005). How to prepare for the TOEFL, Test of English as a Foreign Language, 11th edition, The Ohio State University.

Sudjana,. (1989). Metode Statistik, Edisi . Bandung: Tarsito.

Ur, P. (2002). A Course in Language Teaching: Practice and Theory, United Kingdom: Cambridge University Press.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i1,%20April.1365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.