GAYA BELAJAR MODEL GRASHA PADA SISWA-SISWA CERDAS DI SMA N 1 PAYAKUMBUH

Muhammad Arif, Sri Andayani Mahdi Yusuf, Afrinaldi Afrinaldi

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat gaya belajar siswa-siswa cerdas dan perbedaan gaya belajar siswa cerdas berdasarkan jenis kelamin dan umur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Penelitian yang dilakukan di SMA N 1 Payakumbuh ini melibatkan sampel sebanyak 92 orang siswa cerdas yang terdiri dari 33 laki-laki dan 59 perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket dengan menggunakan skala Likert. Untuk keperluan pengolahan data kuantitatif diolah dengan menggunakan software program Statistical Package For The Social Sciences (SPSS versi 20). Ada dua jenis statistik yang digunakan, yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis gaya belajar bebas berada pada tahap yang tinggi dalam kalangan siswa cerdas, sedangkan gaya belajar kolaboratif berada pada tahap yang rendah dalam kalangan siswa cerdas. Uji MANOVA menunjukkan tidak ada perbedaan gaya belajar siswa cerdas yang signifikan berdasarkan jenis kelamin. Sedangkan analisis Kruskal Wallis juga menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan gaya belajar siswa cerdas yang signifikan berdasarkan usia. Implikasi teoretis dan implikasi praktis serta tujuan penelitian ini untuk membantu guru mengenal dan memahami gaya belajar siswa cerdas sehingga guru mampu melaksanakan pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar mereka sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik.

Keywords


Gaya Belajar, Pelajar Pintar

Full Text:

PDF

References


Ab Razak, N. H., Abd Razak, A. Z., & Aziz, A. R. A. (2022). Intervensi Terapi Bermain Terhadap Isu Sosial dan Emosi Pelajar Pintar Berbakat: Play Therapy Intervention on Social and emotional Issues among Gifted and Talented Students. Abqari Journal, 26(1), 138155.

Azizi, N. E., Maalip, H., & Yahaya, N. (2011). Perbandingan Faktor Yang Mempengaruhi Proses Pengajaran dan Pembelajaran Antara Sekolah di Bandar Dan Luar Bandar. Journal of Educational Management,(1), 3147.

Fitrilia, R. D., Purnamasari, R., & Rustandi, Y. (2021). Analisis Gaya Belajar Siswa Berprestasi. Pedagogia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(2), 7580.

Grasha, A. F. (1996). Teaching With Style: A Practical Guide To Enhancing Learning By Understanding Teaching And Learning Styles. Alliance Publishers.

Holec, H. (1979). Autonomy and foreign language learning. ERIC.

Ilias, K., Rahman, R. A., Noor, M. M., & Saidon, N. A. (2010). Pengaruh Gaya Pembelajaran terhadap Motivasi dan Pencapaian Akademik Pelajar Pra Ijazah Sarjana Muda Perguruan Institut Pendidikan Guru Kampus Ipoh. Jurnal Penyelidikan Dedikasi, 2, 141153.

Kolb, D. A. (1984). The Process of Experiential Learning. Experiential Learning: Experience as the Source of Learning and Development, 2038.

Lubis, M. A., Abidin, S. G. Z., Ali, M. A. Bin, Ikwan Lubis SE, M. M., & Kamis, M. S. (2022). Memupuk Sifat Tawaduk Melalui Pengajaran dan Pembelajaran Pendidikan Islam di Kalangan Pelajar Pintar di Malaysia. Asean Comparative Education Research Journal On Islam And Civilization (ACER-J). EISSN2600-769X, 5(1), 16.

Maarof, N. H., Joli, N. S., Hamzah, K. Z., & Yusof, R. (2021). Persepsi Amalan Kemahiran Pemikiran Sejarah: Tinjauan Terhadap Perbezaan Pencapaian Pelajar Pintar Dan Berbakat.

Minata, A. S., Syofiyawati, N. R., Kusumastuti, G., & Yusuf, M. (2016). Penggunaan Preferensi Gaya Belajar Rogers Untuk Mengenali Gaya Belajar Siswa Berbakat di Kelas Akselerasi SMA Negeri 3 Surakarta. Prosiding Ilmu Pendidikan, 1(2).

Mokhtar, M., & Mohtar, M. (2019). Wacana Dalam Bilik Darjah Pelajar Pintar dan Berbakat: Analisis Wacana Kritis. International Journal of Education, 4(33), 183191.

Nik Azis, N. P. (1991). Program Pendidikan Pintar Cerdas: Teori dan Praktik. Selangor: Institut Pengajian Ilmu Islam.

Nordin, A. B., & Othman, I. (2003). Falsafah Pendidikan dan kurikulum. Quantum Books.

Noriah, M. I., Rosadah, A. M., & Siti Fatimah, M. Y. (2009). PERMATA Pintar: Pengalaman UKM. Bangi: Universiti Kebangsaan Malaysia.

Pallant, J. (2020). SPSS Survival Manual: A Step By Step Guide To Data Analysis Using IBM SPSS. Routledge.

Razak, A. Z. A., & Azman, N. (2012). Stail Berfikir dan Stail Pembelajaran Pelajar Jururawat: Satu Kajian Kes di Kolej Jururawat Murni. ASEAN Journal of Teaching and Learning in Higher Education.

Razak, A. Z. A., Zainun, A., Asmuje, N. F., & Sallehan, S. M. (2017). A Study Between Perfectionism And Thinking Style Among Gifted And Talented Muslim Students In Malaysia: Kajian Tentang Perfectionism Dan Stail Berfikir Pelajar Muslim Pintar dan Berbakat Di Malaysia. Al-Qanatir: International Journal of Islamic Studies, 6(2), 1322.

Razak, K. A. (2013). Gaya Pembelajaran, Pencapaian Pendidikan Islam, Dan Penghayatan Akhlak dalam Kalangan Pelajar Sekolah Menengah di selangor. Doctoral dissertation). Sekolah Pengajian Siswazah, Universiti Putra Malasyia

Renzulli, J. S., & Reis, S. M. (1997). The Schoolwide Enrichment Model: A How-To Guide For Educational Excellence. ERIC.

Rohali, A., & Wahab, R. (2019). Pemilihan Karier Berdasarkan Gaya Belajar Model Kolb Pada Siswa Cerdas Istimewa Kelas 12 Cerdas Istimewa Bakat Istimewa SMAN 1 Wonosari. JPK (Jurnal Pendidikan Khusus, 15 (1), 9-16. Retrieved from Https://Journal. Uny. Ac. Id/Index. Php/Jpk/Article/View/24434/Pdf.

Salleh, A., Mahmud, Z., & Amat, S. (2009). Bimbingan dan Kaunseling Sekolah. Penerbit Universiti Kebangsaan Malaysia.

Tuckman, B. W. (1978). Conducting Educational Research. Ed ke-2. New York: Harcout Brace Jovanovich. Inc.

Wulan, D. K. (2011). Peran Pemahaman Karakteristik Siswa Cerdas Istimewa Berbakat Istimewa (Cibi) dalam Merencanakan Proses Belajar yang Efektif dan Sesuai Kebutuhan Siswa. Humaniora, 2(1), 269276.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v9i2,%20Oktober.1470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.