OPTIMALISASI SARANA DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN DI SDN BLOK I

Reska Adya Pribadi, Ifdathi Zahra K, Maulia Rahmawati

Abstract


Dalam pembelajaran digital menuntut guru untuk menguasai teknologi digital agar dapat memanfaatkan teknologi dalam proses belajarnya. Namun kenyataan di lapangan kondisi sarana dan prasarana di setiap sekolah masih belum memenuhi standar persyaratan. Hal ini disebabkan karena berbagai faktor, salah satunya kualitas sarana dan prasarana. Akibatya, ketika pandemi Covid-19 berakhir pembelajaran sudah dilakukan secara normal di mana peserta didik dan pendidik harus beradaptasi dan menyesuaikan dengan mengoptimalkan pembelajaran menggunakan sarana digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi sarana digital dalam pembelajaran di SDN Blok I. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Selanjutnya data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi dengan validasi data dilakukan dengan cara triangulasi teknik dan sumber. Data dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa optimalisasi sarana digital dalam pembelajaran di SDN Blok I melalui: 1) Perencanaan sarana pembelajaran digital (guru telah menyusun perangkat pembelajaran, memilih dan mendesain metode, model, media digital yang akan diterapkan); 2) Pelaksanaan pembelajaran sarana digital (guru menerapkan media pembelajaran digital berupa tayangan video dan soal evaluasi online); dan 3) Upaya yang dapat dilakukan oleh sekolah dalam optimalisasi sarana digital pembelajaran (Sekolah melaksanakan berbagai program, strategi dan mensosialisasikan untuk memberikan pelatihan kepada pendidik agar dapat memanfaatkan teknologi).

Keywords


Optimalisasi, Sarana Prasarana, Informasi Teknologi.

Full Text:

PDF

References


Agustian, N., & Salsabila, U. H. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Pembelajaran. Islamika, 3(1), 123-133.

Ak. M. Fathira., dkk. (2021). Pembelajaran Digital. Jakarta: Widina.

Amalia, M. (2022). Inovasi Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar di Era Society 5.0 untuk Revolusi Industri 4.0. In Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA), 1(1),1-6.

Diplan, D. (2019). Tantangan Pendidik di Era Digital. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 41-47.

Hendraningrat, D., & Fauziah, P. (2022). Media Pembelajaran Digital untuk Stimulasi Motorik Halus Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 56–70. Retrieved from DOI: 10.31004/obsesi.v6i1.1205

Listiyoningsih, S., Hidayati, D., & Winarti, Y. (2022). Strategi Guru Menghadapi Transformasi Digital. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 655-662.

Milanda, R. (2022). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar (Penelitian Studi Literatur) (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS).

Pitoyo, A. (2022). Strategi Pembelajaran di Era Digital Melalui Penguatan Kompetensi Pendidik Untuk Menyiapkan SDM Unggul. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) (Vol. 5, pp 440-446).

Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35.

Wijasena, A. C., & Haq, M. S. (2021). Optimalisasi Sarana Prasarana Berbasis IT Sebagai Penunjang Pembelajaran Dalam Jaringan. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v10i2,%20Oktober.1752

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.