IMPLEMENTASI TEORI BELAJAR DISCOVERY LEARNING JEROME BRUNER DALAM PROSES PEMBELAJARAN

Paulinus Kanisius Ndoa, Sergius Lay, Florentina Waruwu

Abstract


Proses belajar-mengajar dapat berjalan efektif jika Guru menggunakan metode pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan belajar peserta didik. Salah satu alternatif yang bisa menjadi pilihan dalam pembelajaran adalah model pembelajaran sebagaimana yang ditawarkan oleh Bruner. Bruner merupakan seorang ahli psikologi dan pemikir yang mengembangkan teori yang sangat berkaitan dengan teori kognitif yaitu teori belajar discovery learning. Dasar pemikiran teori discovery learning adalah terkait dengan konsep Bruner tentang manusia. Bruner memandang manusia sebagai pemproses, pemikir dan pencipta informasi. Teori ini mengarahkan siswa untuk dapat menemukan sesuatu melalui proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kajian kepustakaan dengan maksud menggali pemikiran-pemikiran Bruner terkait dengan teori belajar discovery learning. Dari berbagai literatur ditemukan bahwa teori belajar discovery learning sangat berpengaruh terhadap perkembangan ranah kognitif peserta didik. Model pembelajaran discovey learning memberi ruang yang cukupkepada peserta didik untuk berkreasi dan menemukan sendiri apa yang ia butuhkan bagi dirinya. Disini Guru bukan lagi sebagai pemberi ilmu tetapi berperan sebagai fasilitator. Ditemukan juga bahwa penerapan teori ini berimplikasi terhadap prestasi belajar siswa, dimana siswa ditantang untuk memiliki kemandirian dalam menggali pengetahuan dan mengolah potensi dirinya.

Keywords


Bruner, Teori belajar, Discovery learning, Prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Atiaturrahmaniah, D. S., Ibrahim, M., & Kudsiah, M. (2017). Pengembangan Pendidikan Matematika SD. Universitas Hamzanwadi Press.

Dahar, R. W. (1989). Kesiapan Guru Mengajar Sains di Sekolah Dasar ditinjau daro segi Pengembangan Keterampilan Proses Sains: Studi Iluminatif tentang Proses Belajar Mengajar Sains di Kelas 4, 5, Dan 6 Sekolah Dasar. Univeristas Pendidikan Indonesia.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. GAVA MEDIA.

Gasong, D. (2018). Belajar dan Pembelajaran. DEEPUBLISH.

Lay, S., Ndoa, P. K., & Waruwu, T. G. (2023). Strategi Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Katolik Melalui Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Magistra, 1(1), 31–38.

Mulyasa, E. (2017). Strategi Pembelajaran PAUD. PT. Remaja Rosdakarya.

Ndoa, P. K. (2024). Kontribusi Filsafat Administrasi Pendidikan Bagi Pencapaian Tujuan Pendidikan. 2(1), 118–125.

Ndoa, P. K., Lay, S., & Sihite, B. (2024). Analisis Model Manajemen Sumber Daya Manusia di Persekolahan Katolik Se-Keuskupan Sibolga. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 507–514.

Sani, R. A. (2014). Pembelajaran Saintifik untuk Kurikulum 2013. Bumi Aksara.

Wahyuni, M., & Ariyani, N. (2020). Teori Belajar dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Edu Publisher.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v11i1,%20April.2045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.