MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DENGAN MENGGUNAKAN KARTU DOMINO PADA MATERI TRIGONOMETRI KELAS X DI SMAN 3 LHOKSUKON

Nazariah Nazar

Abstract


Salah satu sebab siswa kurang memahami konsep matematika karena matematika sering diperkenalkan sebagai kumpulan angka dan rumus yang bersifat abstrak. Untuk itu perlu digunakan alat peraga yang sesuai dengan materi yang dipelajari, agar dapat meminimalis karakteristik materi matematika yang abstrak. Penyebab lain siswa mengalami kesulitan dalam belajar matematika adalah proses pembelajaran matematika yang masih berlangsung satu arah dan dominannya aktivitas guru dalam kegiatan pembelajaran sehingga siswa kurang aktif dalam mengikuti proses pembelajaran matematika. Akibatnya hasil belajar yang diharapkan akan kurang optimal dan kegiatan pembelajaran pun dirasakan kurang bermakna dan bermanfaat bagi siswa.Oleh karena itu, dibutuhkan suatu pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif dalam mengkonstruksi suatu penyelesaian masalah melalui media tertentu. Dari hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang pembelajaran materi Trigonometri menggunakan kartu domino dengan model kooperatif tipe STAD di SMAN 3 Putra Bangsa Lhoksukon. Pembelajaran ini dilakukan lima tahap yaitu: (1) Tahap penyajian kelas, (2) Tahap diskusi kelompok dan penyajian laporan, (3) Tahap tes individual, (4) Tahap penentuan poin perkembangan individu dan kelompok, (5)Tahap pemberian penghargaan.Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, aktivitas guru dan respon siswa terhadap kegiatan pembelajaran menggunakan kartu domino dengan model kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 SMAN 3 Lhoksukon sebanyak 34 orang. Adapun prosedur pengumpulan data adalah melalui tes hasil belajar siswa,  observasi aktivitas siswa, observasi kemampuan guru, penyebaran angket respon siswa, dan wawancara. Sedangkan teknik analisis data, penulis menggunakan analisis deskriptif (persentase) sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan. Hasil penelitian yang berlangsung selama dua siklus menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran pada saat dilakukan pembelajaran pada materi aturan sinus dan cosinus menggunakan kartu domino dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berada pada kategori baik yaitu 89,47% dan sangat baik yaitu 96,05%, Aktivitas siswaberada pada kategori baik yaitu 88,81% dan sangat baik yaitu 96,05%, Hasil belajar memiliki ketuntasan secara klasikal adalah 85,29% dan 94,11%, dan Respon siswa terhadap penerapan pembelajaran menggunakan karu domino dengan model pembelajaran kooperatif tipe STADadalah sangat positif. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD dengan Menggunakan Kartu Domino sangat bagus digunakan dalam proses belajar-mengajar.


Full Text:

PDF

References


Dahar, R.W, Teori-Teori Belajar, Jakarta: Depdikbud, 1988,

Danim. S, Media Komunikasi Penddikan, Jakarta: Bumi Aksara, 1995.

Dimyati, M. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: PT Rieka Cipta.

DR. Paul Suparno, Filsafat Kontruktivisme Dalam Pendidikan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1997.

Ginnis. Trik dan Taktik Mengajar, Jakarta: Inseks, 2008.

Google, Alat peraga matematika(Online), http://www.google.com, diakses tanggal 1 Mei 2011.

Hamalik, oemar, Metode Belajar dan Kesulitan-Kesulitan Belajar, Bandung: Tarsito, 1990.

Harmini. Pembelajaran yang Berorientasi pada Teori Bunner sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Siswa, Jakarta: Bumi Aksara, 2000.

Herman Hudojo, Belajar Mengajar Matematika, Jakarta: Depdikbud LPTK, 1988.

Hidayah, Lembar Kerja Siswa (LKS) Matematika Interaktif Model E-Learning (Electronic Learning) Berbasis Web, skripsi, Jakarta : 2007.

Moleong, L. J, Metodologi Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2001.

Mulyasa, E. KTSP Sebuah Panduan Praktis, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Pujiati., Dra., M.Pd. Penggunaan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika SMP, Yogyakarta : PPPPTK Matematika, 2004.

Purwo Darminta, W.J.S, Kamus Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka, 1997.

Pusat Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : Balai Pustaka, 2002.

Rizwan, Pembelajaran meteri prisma dengan pendekatan belajar Kooperatif model STAD pada siswa kelas II semester I SMPN 1 Baktiya Kabupaten Aceh Utara. Malang: Tesis, 2005.

Robert E. Slavin, Kooperatif Learning, (Bandung: Nusa Media, 2009), hal. 11.

Slavin. Cooperative Learning: Theory, Research and Practice, Boston: Allyn and Bacon, 1995.

Sudjana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar, Jakarta : Sinar Baru, 2005.

Sudjana, N, Cara Siswa Aktif dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung : Lembaga Penelitian IKIP Bandung,1989.

Sugiono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2007.

Suherman, dkk. Strategi pembelajaran Matematika Kontemporer, Bandung: Jica, 2001.

Sukardi, Metoda Penelitian Pendidikan Kopentensi dan Prakteknya, Jakarta, PT Bumi Aksara, 2003.

Suparno. Filsafat Kontruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius, 1997.

Suryanto, Pembentukan Soal dan Pembelajaran Matematika, Malang, PPS IKIP, 1998.

Widdiharto, Rachmadi, Diagnosis kesulitan Belajar Matematika dan Alternatif proses remedialny,. Yogyakarta: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Matematika, 2008.

Wina Senjaya, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana, 2007.

Andrian, R. (2016). Peningkatan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Melalui Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Di Man Model Banda Aceh. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).

Andrian, R. (2016). Peningkatan Minat Belajar Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Melalui Model Student Team Achievement Divisions (STAD) Di Man Model Banda Aceh. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Keagamaan, Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2).




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v4i2.555

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.