PENERAPAN MEDIA MODUL PENULISAN KARYA ILMIAH BERBASIS LCDS (Learning Content Development System) PADA MAHASISWA PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA IKIP BUDI UTOMO MALANG

Lis Susilawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan e-modul penulisan karya ilmiah berbasis LCDS (Learning Content Development System)untuk meningkatkan motivasi belajar pada mahasiswa Program studi pendidikan bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang.  Penelitian  inimerupakan  penelitian  pengembangan  (R&D)  dengan  model 4D. Tahap define merupakan tahap awal  darimodel 4D untuk menganalisis permasalahan. Tahap design merupakan tahap untuk merancang Modul menggunakan LCDS dan instrumen penelitian. Tahap develop dihasilkanE-Modul  menggunakan  LCDS  sebagaimediapembelajaranyang dapat digunakan untuk meningkatkan  motivasi  belajar  dan  penguasaan  materi menulis karya ilmiah . Kelayakan Modul menggunakan LCDS dilihat dari hasilvalidasi ahli media, dan ahli materi .Uji coba produkmeliputi uji cobaskala kecilpada22 mahasiswaProgram studi pendidikan bahasa Indonesia 2017 A dan uji coba  lapanganpada 48mahasiswa 2017 A dan 2017 B Pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Budi utomo malang. Peningkatan  motivasi belajar  peserta  didik  dilihat  dari  nilai  standard  gain  motivasi  belajar  mahasiswa,sedangkan peningkatan penguasaan menulis karya ilmiah mahasiswadilihat darinilai standard gain penguasaan materi menulis karya ilmiahmahasiswa.. Hasil validasi oleh ahli materi mendapat presentase rata-rata 88,30%, dan ahli media mendapat presentase rata-rata 80,59%, , hasil uji coba kelompok kecil diperoleh hasil presentase skor rata-rata 70,79%, Sehingga modul penulisan karya ilmiah berbasis LCDS ini dapat digunakan sebagai modul pembelajaran untuk menyampaikan materi penulisan Karya Imiah pada mahasiswa pendidikan Bahasa Indonesia IKIP Budi Utomo Malang.Modul penulisan karya ilmiahmenggunakan  LCDSyang   dikembangkan lebih baik dapat diakses secara online dan dapat  dibuka  melalui  smartphonemaupun laptop, sehingga penggunaan  media Modulakan lebih mudah danpraktis.


Full Text:

PDF

References


Aremu, A. (2013). A Microsoft Learning Content Development System (LCDS) Based Learning Package for Electrical and Electronics Technology Issues on Acceptability and Usability in Nigeria. Diunduh pada tanggal 20 April 2018, dari http://pubs.sciepub.com/education/1/2/2/

Arikunto S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arsyad, A. (1997). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Damarsari,D.G, Soeprodjo &Saptorini. (2013). Penerapan MetodeInkuiri Berbentuk E-Modul. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia (2),1202-1203.

Maf’ula, A. 2017. Pengembangan Media Flipbook Pada Materi Daya Antibakteri Tanaman Berkhasiat Obat. Jurnal Pendidikan (Vol 2, No.11, November, 2017,Hal 1450-1455). Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Mahayuti, G. A.(2013).PengembanganE-ModulBerorientasiPemecahan Masalah untuk Meningkatkan KeterampilanBerpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia (2),266.

Miarso.,Y.H.1986. Media Pendidikan Teknologi Komunikasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali

Rachmad, R. (2017). Pengaruh Penggunaan Modul PembelajaranBerbasis LCDS terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Ranah Kognitif dan Afektif Materi Suhu dan Kalor. Skripsi, tidak diterbitkan, UniversitasLampung.

Siregar, E. & Nera, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor : Ghalia Indonesia.

Sungkono. (2003). Pengembangan Dan Pemanfaatan BahanAjar Modul dalam Proses Pembelajaran. Diakses pada tanggal 7 Mei 2018, dari http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Sungkono,%20M.Pd.httpstaff.uny.ac.id/node/5362/edit/ARTIKEL%20%20BAHAN%20AJARmodul.doc

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenada Media Group.

Susilawati,Lis& Setyowati.E. (2019). Pengembangan media Pembelajaran Berbasis Blended Learning Synchronous Versus Asynchronous berbasis Edmodo.Prosiding Pada seminar nasional Corcys. STKIP PGRI Jombang.

Yaumi, M. (2013). Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i2,%20Oktober.686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh by Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Aceh is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Based on a work at http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/pedagogik.